Cinta dalam kerja


Mencoba memejamkan mata dengan rambut basah tergerai ke bantal. Sementara AC setia menyala. Tarik selimut sampai ke dagu. Tetap saja no hasil. Padahal tadi sewaktu mengepak koper, mata ini beratnya minta ampun. Efek mandi memang luar biasa.. Bagaimana kalau kita berbincang sedikit tentang pekerjaan? Kenapa pekerjaan? Karena akhir-akhir ini yang rajin memberi sy kegalauan adalah si dia. Pekerjaan.

Dulu, sewaktu saya masih muda, ada yang pernah menanyakan apa yang mau saya raih dan kerjakan di kemudian hari. Ingin menjadi apa saya kelak. Kemudian beliau memberi nasihat agar sy menjadi orang yang mencintai apapun yang dikerjakan, apapun profesinya, alih-alih mengerjakan apa yang sy cintai. Lho? Apa bedanya? Dulu sy tidak paham benar maknanya. Sekarang berbeda. Dulu sy tak melihat mengapa seseorang tidak bisa mengerjakan semua yg dicintainya. Sekarang sy tahu bahwa tidak semua orang memiliki peruntungan yg bagus untuk mengambil apa-apa yang dicintainya sebagai pekerjaannya. Dulu sy gagal paham mengapa mencintai suatu pekerjaan (yg lebih kurangnya dipilih oleh orang itu sendiri) adalah hal yg sulit dilakukan. Sekarang sy mengerti bahwa memilih pekerjaan tidak selalu sejalan dengan keinginan dan memberikan cinta terhadap apa yang dikerjakan itu membutuhkan keikhlasan, komitmen, dan kemauan yang keras terutama dalam menyingkirkan ego pribadi.

Jadi..? Apa kesimpulan renungan malam ini, Ty? Tiap tulisan yang baik harus ada kesimpulannya dong. Take home message bagi pembaca.
Baiklah, kesimpulannya, ternyata sy sama sekali belum mencintai apa yang sy kerjakan. Bagaimana dengan sobat pembaca? Sy harap lebih baik dari keadaan sy. Jadi..? Mari bersihkan niat, Ty, mulai kembali dengan cinta. Semoga, sungguh sy berharap semoga, kegalauan itu akan berakhir, dan pekerjaanmu bernilai ibadah.. Aamiin..

Good night, sleep tight, may He embrace us till better tomorrow rise up.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s