Ada pelangi di ujung sana


Mungkin saya tahu, sangat sedikit sekali, tentang apa yang baik bagi diri saya. Tapi selalu, Dia jauh jauh jauh lebih tahu dan mengerti tentang itu…

Seringkali juga saya berharap, berharap bisa mendapatkan hal-hal yang baik itu bagi saya, dan melakukan yang saya anggap sebaik-baik usaha yang saya mampu, demi mengejar sesuatu yang saya kira baik itu. Tapi lagi-lagi, Dia lebih mengerti tentang mana yang baik untuk saya dapatkan dan mana yang tidak…

Kemudian saya merasa bahwa apa yang saya dapatkan ataupun alami saat ini benar-benar sulit dan tak baik, hingga saya tak dapat menikmati indahnya hari-hari di saat bunga-bunga berlomba-lomba memekarkan diri dan menghantarkan keharumannya, hingga saya lupa untuk bersabar dan bersyukur. Padahal manalah mungkin pengetahuan saya yang amat dangkal ini disandingkan dengan pengetahuanNya. Bagaiman mungkin saya meragukan pengetahuanNya? Apalagi mempertanyakan keadilanNya?

Mobil yang mogok, kacamata yang rusak, dompet yang hilang, tersandung batu hingga jatuh terguling, dikejar anjing, terjebak dalam situasi tak mengenakkan, serba salah, badai di utara, kemarau di selatan,…

Semua terjadi dengan maksud dan tujuan tertentu. Bahkan daun yang jatuh sekalipun, Dialah yang menghendaki dan mengaturnya, demi suatu tujuan. Meski saat ini saya belum mengerti, apa dan bagaimana hikmah itu saya raih. Hanya saja yang saya tahu dan saya coba pahami, bahwa di depan sana sudah menunggu sesuatu untuk saya raih, demi kebaikan saya. Bukankah setelah derasnya hujan akan nampak pelangi?

Ayo ayo ayo sabar, syukur, semangat! Seperti daun yang jatuh yang tak pernah membenci angin, maka ayolah jangan menyalahkan apalagi membenci siapapun atau apapun untuk keadaanmu sekarang. Pasti, badai itu akan segera berlalu… Dan setelah badai ini, pasti kan tiba pelangi untukmu, yang telah menunggu dengan indahnya di ujung sana.

Leave a Reply

