Gukifobia


Hidup di negara ini memang keras dan penuh tantangan, kawan. Karena apa? Bukan hanya bahasanya yang ribet, bukan pula semata karena harga-harga yang sering bikin menahan napas *lebay tapi bener* :p. Sebabnya tak lain dan tak bukan adalah banyaknya juragan-juragan guki di sini. Eits.. Nanti dulu. Kalau si guki selalu di rumah mereka sendiri sih tak jadi soal. Sabodo teuing abdi mah, kata urang sunda. Masalahnya, si guki-guki ini selalu sering dibawa sama pemilikinya, maksudnya sih jalan-jalan itu baik untuk si gukinya. Nah, kalau sajah semua guki yang dibawa jalan-jalan itu dirantai, saya masih bisa ‘berpura-pura’ tenang pas bersua dengan mereka. Masalahnya lagi, banyak juga si pemilik yang melepas rantai si guki. Rrrrr… -___-‘

Alkisah, pada suatu hari di Nantes, ada dua orang putri kerajaan sedang berkeliling… Putri-putri itu ternyata tak asing lagi ! Dialah Venty dan Tya ! Wkwkwk… *narsis gajelas*😄

Suatu hari, kami sedang JJMan di sekitar Chantiers di pinggir Sungai Loire. Ceritanya kami sedang menuruni tangga, melihat ada yang bagus, jadi kami poto-poto, hehe.. *banci poto mode on*. Lagi asyik foto (venty di bagian atas tangga, saya di bawah mengarahkan kamera ke atas), eh tau-tau ada sesosok bayangan di belakang Venty ! Hiii… Mengalihkan pandangan dari kamera, saya mencoba menangkap siapa (atau apa) bayangan itu, dan ternyata… itu bayangan si manusia bayangan! *eh. Ternyata itu bayangan seekor guki ! Aiih, dan ternyata pula si doi kaga dirantai ! Padahal si mbak2 juragannya ada di belakangnya si guki. Aduh maak. Gimana pula ini??

“Ven, jangan nengok. Awas di belakang ada si guki ! Ngga dirante pulak ! Ayo cepet kita turun, hiii…”, saya mencoba memberitahu Venty tanpa panik.

“Hah? beneran Ty? Aaa…”, Venty kaget.

Balik badan, cepet-cepet kepengen ngabur ngambil langkah seribu. Tapi teringat nasihat kalo ketemu anjing jangan lari, nanti malah dikejar. Jadilah sebisa mungkin kutahan diri, “Inget, jangan lari Ty, jangan lari…”. Inget pengalaman waktu SD dulu dikejar guki.. @_@

Cepet-cepet saya menuruni tangga (tanpa lari), terus saya pilih ke arah kanan. Tepat di belakang, saya mendengar langkah-langkah yang lain. “Venty kali ya”, saya pikir. Saya tengok ke kiri, ups… Ternyata Venty di sana dan bukan di belakangku. Ups… Jadi siapa atuh yang di belakang?? Haa… Tanpa berani nengok, saya ubah arah jadi mau ke kiri dan jalan cepat-cepat. Dan bunyi langkah-langkah kaki di belakang juga ikut berubah arah. Akhirnya mencoba nengok, dan ups…Hiks, ternyata itu bener si guki yang tepat dibelakangku, huwaa,,dan si doi ikut-ikutan ke arahku jugaa… Woow…  O___o’..

Haa…rasa takut tak bisa lagi disembunyikan, dan kalang kabut nengok kanan kiri nyariin mana sih si mistress nya nih guki tadi? Sementara itu si guki tinggal beberapa senti… Begitu ketangkep mata, langsung kami bilang sama si mbaknya, “Enggg.. pardon, on a peur de chien. Excusez-moi…” (=maaf, kami takut sama anjing), kami meracau sambil ngasi isyarat supaya si guki dijauhin dari kami. Akhirnya si mbaknya mengerti dan mengajak pergi gukinya ke arah lain. Huff…

“Aduh, Ventyyy gile bener dah, gw takut banget, ternyata anjingnya ngikutin gw yah? Hiii…”, mencoba ngebayangin kejadian tadi dari sudut Venty.

“Iya,, lha gw bingung, lo kenapa malah ke kanan? Kan anjingnya mau ke situ..?”, kata Venty.

“Jiaah, kan tadi dia di belakang, gw ga berani nengok, meneketejreng kalo si guki mo ke kanan juga?”, saya protes. Padahal salah sendiri juga keliatan takut gitu. Kayanya si guki mencium rasa takut orang ya? T_T

Merasa lepas dari bahaya, kami melanjutkan foto-foto di pinggir sungai (*ecapede…*) :p.

Sedang asyik-asyik foto, tiba-tiba. Waaa… Si guki yang tadi datang lagi ! Ngga tanggung-tanggung, si doi menghampiri kami dengan berlari-lari kecil riang gembira ! Kaget, takut, bingung,… kami berteriak, ” WAAAA….. AAARRKK… PARDON…”, mencoba memanggil si pemilik. Mana sih dia?? Haa, si mba’e yang punya guki jauh di belakang si guki. Kami mencoba memanggilnya, “EXCUSEZ-MOI, On a peurrr…. errrr..eeerr…, HUWAAA,,, WAAA…%&*@*#**$@!!”. Kami kebingungan campur takut, ni si guki kenapa sih dateng lagi?

Si mistress akhirnya memanggil gukinya, “Heeiii, eeiii…”, menghalau gukinya. Kami berharap dia cepet pergi jauh-jauh, eh malah nanya-nanya, “Vous êtes etudiantes?” (=Kalian pelajar?).

“Oui, Oui… “, kami jawab sambil ngelirik-lirik si guki yang loncat-loncat ga jelas di sekitar kami.

Aduh ni kapan perginya sih mbaknya? Dia malah nanya lagi, “Kalian dari mana, tinggal di sini?”

Adduuuh, pengen beramah tamah tapi gukinya singkirin dulu dong mbaaak, “Dari Indonesia… WAAA… Engg… kami..tinggal.. di PoitieERSS, AAA…!!”. Alamaak, itu si gukinya berkali-kali ngelilingin kami terus dia maju-maju mendekati kami, hiks…

“Ah, kalian sedang berkunjung. Mau kubantu foto kalian berdua?”, aiiih, ini mbaknya baik banget yah, tapi lebih baik lagi kalo cepet pergi bawa gukinyaaaaa…… :O

Kami cepet menjawab, “Merci, merci…”, ngeliat ke si guki, “mais… le chien…? WAAA,,AAA…” (=ah, makasih makasih, tapi si gukiiii….). Itu si guki entah iseng banget ngerjain kami ato emang seneng ngedeketin orang asing, teruuus aja dia maju mundur, kaya mau menerjang (*dalam pandangan aye yang takut guki*). Masalahnya moncongnya si guki mengarah ke tangan kananku, entah mau ngapaiinn,,hiiiii…. >_<

Si mbaknya keliatan ngerti, “Oh, dia (nunjuk anjingnya). Dia baik ko…”.

“Oui, mais on a peur de tous les chien… Pardon, on a peur… On a peuuurrrrrr…..” (=Ya, tapi kami takut sama semua guki, maaf, takuuut, takuuuuutttttt…), kami menjawab dengan suara makin lama makin bergetar dan berusaha tersenyum (tapi akhirnya yang keluar cuma cengiran takut).

Aduh, ni si mbaknya ngga ngerti-ngerti sih…? Mau lo bilang baik, mo lo bilang guki sirkus, mo lo bilang itu temen lo yang nyamar jadi guki,,, mo sebaik apa guki lo juga ngga ngaruh, mba. Wong dah berprinsip “ngga suka anjing, takut anjing, dan anjing nyebelin”. Pokonya ngga suka ya ngga suka! Sekali gukifobia, tetep gukifobia! *ngedumel dalam hati, keras kepala*

Mungkin si guki berpikir begini, “Ih, nih mba-mba kenapa sih ngga suka saya? Apa salah saya? Mengapa??? Meengapaaaaaa????”

Akhirnya,, “D’accord.. Ah,, pardon.. Heii,, allons y ! Au revoir !” Si mbaknya akhirnya ngerti penolakan halus (apa ketakutan) kami dan ngajak pergi anjingnya ke arah bawah jembatan.

Dengan gembira kami teriak, “Merci, pardon, excusez-moi !”, berulang-ulang ke si mbaknya. Makasih udah mau pergi akhirnya… Fiuuh…. Akhirnyaaa…. Kami cepat-cepat menjauh dari TKP, lari naik tangga ke arah lain.

“Gw takut bajunya kena sama anjing itu lho, Ty, ntar bajunya ngga bisa dipake sholat… Aduh tadi kayanya kena dikit deh celana panjang gw. Si anjingnya deket banget… >.< .”, kata Venty sambil jalan. Waa,,, keren, takutnya karena takut menghambat ibadah.

Kujawab, “Wa… iya yah, gw ngga kepikiran. Kalo gw takut ya emang bener-bener takut. Kan anjing suka jilat-jilat, hiii…” (dan suka gigit-gigit, walopun mungkin bercanda).

Ckckck, berjalan-jalan di sini bener-bener bikin was-was! Bukan hanya sekali dua kali ketemu anjing lepas. Besoknya, di centre commercial Nantes, sedang jalan-jalan liat etalase toko, tiba-tiba di sampingku (menyerempet celana panjang pula) lewat seekor guki sambil berlari-lari dengan diikuti si pemiliknya beberapa saat setelahnya. Ups… Astaga,,,untung tadi ngga liat ke belakang, kalo iya pasti dah teriak ketakutan.

Besoknya lagi, di dekat Notre Dame Poitiers, kami sedang asyik duduk menunggu kebab untuk makan malam kami. Tiba-tiba, seekor anjing gede (jenis anjing polisi yang untuk ngejar penjahat itu) mendekat menghampiri kami. Si doi mengendus-endus di belakang Venty. Waaaa…. “Ven, awas jangan nengok, di belakang ada guki gede… Guki gede yang tadi ituu…”

Celingak-celinguk, ah, itu dia si pemiliknya, jauh di belakang Venty. “PARDON, EXCUSEZ-MOI !!”, saya teriak melambai-lambai ke arah si pemilik anjing. “Pardon, on a peur de chien !”.

Ah, menangkap maksudku, si mas-mas yang punya langsung mendekat manggil anjingnya. Eh, si guki malah bandel tetep mendekat ke arah tas punggung Venty. Untungnya si pemilik buru-buru datang dan menghalau. Eh, di belakang si pemilik, ada satu lagi guki gede kaya gitu yang juga dilepas !!! Dan si guki itu ikutan sodaranya mencoba mendekat lagi… T_T….Alamaaak…

——— END ——-

Epilog:

Hidup di sini memang keras dan penuh tantangan, kawan. Berjalan-jalan saja selalu dipenuhi rasa was-was. Kata-kata favorit yang sering diucap, “Excusez-moi, pardon, on a peur de chien….”. Jadi bagi para penakut guki seperti kami, sebelum datang ke sini lebih baik pikir-pikir dulu beribu kali. Kalau teteup mau ke sini, terapi sensitisasi dulu lah, jangan sampe jantungan pas di sini tiba-tiba disamperin guki.

2 thoughts on “Gukifobia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s