Kilas balik koas 1: pre-exam psychiatry


Cuplikan wawancara psikiatri yg paling sy ingat saat menjelang ujian. Sungguh stase ini benar-benar punya arti tersendiri: stase terakhir brsama tmn koas sklompok, stase yg jaraknya lumayan bolak-balik kosan-RSJ, stase yang ‘strict’ n riweuh, stase berdarah-darah (kalo kata tmn sy), stase yg menghibur, stase yg ruarr bizaza pasien maupun dokter2nya (loh??), n..stase yg mmbuatku mnyadari betapa nikmat sehat tak hanya fisik tapi juga jiwa,, amat sangat penting bagi kita sepanjang kehidupan yg kita tempuh…

Saya (S): Pak Takur … ?
(nama sy rubah utk kpentingan pasien)

Pasien (P): ya, mbak.. kenapa..?

S: Kenalkan pak, saya Tya, dokter muda di sini, mau mewawancara pak Takur,nggih, pak..?

P: wawancara? ah, ndak ah,mbak, soale ora ono mbakyu Nung (kakak perempuan pasien- dg perubahan nama pula).
Nek ora ono keluarga kan nanti saya takutnya salah ngomong,mbak… (dalam hati, wah ni pasien kok logis juga…)
Nek salah, nanti saya ditangkep dimasukin penjara piye, mbak? (wah…ternyata,,hehe….)

S: oh.., ndak kok, Pak,,kan bukan wawancara kaya di TV2, tapi wawancara sama dokter,pak, supaya lebih lega,nggih,pak…? yuk,pak…
(ki koass-e keukeuh bener,yak….baca:tegang jelang ujian, bisa gawat kalo pasien nolak.. ;))

P: oh, ngono toh,mbak,,, yo wes deh, neng kene wae yo,mbak…

S: yo, neng kene wae, pak. Mmm…o,ya.. Pak Takur piye kabare? hari ini perasaane piye, Pak?

P: O,baik sekali mbak..ya biasalah,mbak (biasa piyee…?)

S: tadi pagi wes maem rung? maem karo opo? enak?

P: oh,wes to mbak, karo telor,,wih,enak mbak..alhamdulillah saya kenyang,,,rejeki kan ndak boleh ditolak ya,mbak? hehe.. (cengar-cengir..)

S: Pak Takur wes piro dinten neng kene, toh?

P: mm….piro ya,mbak? lupa…

S: nek saiki tuh hari opo yo, Pak?

P: apa ya, mbak? Kebetulan saya juga ndak tau mbak. Kita tanya sama mbak baju putih neng kono aja po? (Nunjuk teman koas sy di bangsal seberang yg juga lagi wawancara pasien)

S: eh,,ndak usah pak, saiki kamis owk, sy baru inget..
nek saiki neng kene tuh neng ndi toh,pak? pak takur tau ndak?

P: neng kene,,,, neng rumah sakit toh,mbak? rumah sakit pembedahan internasional gitu,mbak

S: hah? rumah sakit pembedahan internasional? lha kok pa takur bisa digowo ke sini?

P: kan ada itu toh mbak, ada orang rapat, penting mbak,,gitu..jadi saya ke sini..

S: (manggut2…). oo… lha pa takur digowo sopo ke sini? pa takurnya ndak sakit toh?

P: digowo mbakyu Nung. Lha saya sakit owk,mbak…

S: Hah? lah pak takur sakite opo? trus minum obat ora? obatnya buat opo toh?

P: sakit suka lemes toh mbak,, tiba-tiba kok badan rasane loyo gitu… ya saya minum obat toh,mbak, supaya ndak lemes lagi, biar seger lagi…

S: oo… pa takur omahe neng ndi toh? kemarin dari rumah ke sini sm mbakyu ne pak takur naek apa?

P: omah saya? neng tegal kuwi lho,mbak,,,ke sininya? ya naek mobile mbakyu saya

S: Kok, mbakyune nggowo ke sini toh, Pak, emang Bapak punya kemampuan spesial?

P: Kemampuan? Wih, mbae ki ngece yo? Saya tu serba bisa banget toh,Mba.
Ssstt.. (merendahkan suara dan mencondongkan badan kaya ngasi tau rahasia), banyak bakatnya gitu lah Mbak.

S: (ikutan bisik-bisik sambil berusaha ekspresi terpukau) waah, opo toh Pak? Bisa apa aja pak? Lihat sesuatu yg orang lain ga lihat? Atau denger suara padahal ga ada orang?

P: Mmm…semuanya mbak! Mbaknya ndak tahu toh, ndak liat toh, di samping mbaknya sekarang ada orang lain? (Dg wajah sungguh-sungguh)

(ups..dalam hati jd keringet dingin, celingak celinguk ke kanan kiri, ga ada siapa2 tuh… >_<)

S: oiya pak? Saya ndak liat tuh, terus Bapak bisa lihat apalagi ? (Ga mo nanya lbh spesifik apa yg diliat si Bapak di sebelah eke,,hii… ;0).
Katanya orang-orang, Pak Takur pernah lihat piring terbang? Bener gak?

P: Kalo itu sih sering, mbak.. (ngangguk-ngangguk)

S: oiya,pak? Bisa diceritain ga, piring terbangnya kaya apa ya?

P: ngg…. ya kaya piring lah,mbak. Kalo kaya gelas mah jadi gelas terbang dong..
(ahahaha,,,kalah deh sama ni pasien XD)

S: iya piringnya gimana, ada pintu atau jendela, apa bersayap, atau lampu,,bisa digambar gak, Pak? (Nyodorin kertas dan pensil)

P: oo..bisa bisa.. sini,,ki loh mbak, jadi kaya ngene,bulet, disamping2 ada jendela besar buat liat keluar, pintune neng kene, lampune di 7 penjuru, mbak,, uhh,, silauu pokoknya… (percaya nggak, gambar si pasien ini bagus bener lho, utk ukuran orang gangguan jiwa)

S: terus, di dalemnya piring terbang ada orangnya gak pak? Pernah ketemu gak? (Koas ngejar terooos… ;p)

P: jelas toh, mbak, orang bintang tujuh kuwi lho.. (hah,maksudnya alien yak?)

S: trs dia mau ngapain di sini Pak, tau nggak? (Ni jadi penasaran beneran gitu,he…)

P: jadi mbak, saya ni kan orang pinter banget mbak, serba bisa.. jadi mau bawa saya keluar gitu.. tapi saya tolak lah, saya bilang saya lebih seneng di sini owk…

S: ooh, terus habis itu piring terbangnya pergi?

P: Pergi tapi mbalek meneh, mbalek meneh, sering nongkrong di atap situ lho,mbak (nunjuk atap sebelah)
eh, terus kemaren pak SBY sendiri keluar dari piring terbang, pengen ketemu saya katanya… coba mbak, gimana saya ga dipercaya orang?

(Lha iya toh,pak… geleng2 dalam hati).

S: pak SBY? Lho, ko bisa ada di piring terbang? Terus siapa lagi?

P: banyak mba, pak harto, pak habibi, menteri2… wuih, rame lah pokoknya. Lha ya itu, mereka pengen saya ikut piring terbang… paling udah disuap kali ya, mbak? (Sambil cengar-cengir n geleng-geleng…)

S: wah, emang Pak Takur bisa apa lagi pak,sampe orang piring terbang minta bapak ikut mereka?

P: wih, saya bisa bangun gedung tingkat bagus, bisa bikin pesawat,…

S: wah, keren dong Pak, emang carane bangun gedung piye? (Berusaha nyari logika si pasien dan eksplor waham atau overvalued idea)

P: (ngangguk-ngangguk tambah bangga) gampang kuwi mbak, tinggal gambar gedung yg meh dibangun, terus pesen bahan, pasang tiang-tiangnya, kasih dindingnya, udah…

(yah,masuk akal sih, tapi…ini mah sapa aja juga bisa…)

S: lha, kalo gitu mah sapa aja juga bisa dong, Pak? (Nyoba matahin keyakinannya si pasien, sambil liat2 mood dan afeknya…)

P: Ya ndak, toh Mbak. Nek saya itu semua saya yg lakuin, cepet, cuma itungan hari ngono lho mbak. Coba, mbae ndak bisa toh, bangun gedung dalam sehari? Saya bisa..

S: Lha,,, nek bikin pesawat piye carane Pak? Hayoo…

P: ah, lebih gampang lagi itu, mbak.. ckck… tinggal gambar pesawatnya, bikin bagian-bagiannya, terus dipasang lah, wis jadi…

S: masa sih, pak? Emang carane bikin bagian pesawat piye? Emang bapak pernah sekolah pesawat terbang? (Lagi, berusaha mematahkan keyakinan pasien, yg berisiko…. )

P: (emosi mulai naik, cengiran ilang,,,gawat neh) Lha, saya kan orang pinter serba bisa mbak, ndak perlu itu yg namanya sekolah pesawat.
Bikin bagian pesawat gampang,, aduh, tapi saya ndak bisa cerita mbak, soale rahasia negara ik, nanti nek bocor saya ditangkep..hii..
Mbak pasti lebih ndak percaya nek saya kasi tau kalo pesawat pak habibi tuh nyontek saya lho…

S: (memutuskan ini waham kebesaran)
Oo,,gitu ya, Pak… (ngangguk-ngangguk)
Oiya, pak, kan Pak Takur ini orang pinter toh, kalo gitu Bapak bisa dong, ngitung 100 dikurang 7, terus dikurang 7 lagi, terus dikurang 7 lagi….hayoo, berapa ya pak?

P: gampang itu.. 100-7 jadi 93, dikurang 7 lagi jadi 87, dikurang lagi 7 ya 70 toh mbak,,,hahaha…keciil (elevasi lagi cz merasa bisa jawab pertanyaan hitung-hitungan)

S: terus ya, Pak, kalo Bapak nemu dompet di pinggir jalan terus diapain pak? Kenapa?

P: kasiin polisi di depan situ tuh,mbak… Ya, kan bukan punya saya, nek yg punya nyariin piye? (Subhanalloh ya… :))

S: iya pak, bener itu… (ngangguk dan mendukung jawaban si pasien dg semangat..)
Terus pak, satu lagi ya,,nek tiba-tiba ada kebakaran, terus banyak asap sama api di sini, Pak takur mau ngapain?

P: Waduh, kebakaran?
(Agak bingung, mencoba membayangkan dulu sepertinya)
Hiii… ko medeni toh mbak? Yo mesti saya cari kolam terus nyebur…
(Hmm… masih masuk akal ketimbang jawaban: tinggal disulap aja biar ilang.. ;p )

S: (mengangguk setuju) sip, pak. Wah, Bapak ternyata punya banyak kemampuan ya.. Besok pagi saya ajak Pak Takur ketemu sama dokter yang lebih hebat ya, Pak. Terus bapak ceritain lagi yg barusan bapak ceritain ke saya.. Supaya dokternya itu bisa tau keadaan Pak Takur,terus bapak bisa cepet sembuh deh. Ya Pak, ya?

(dag dig dug,berdoa semoga esoknya pas ujian pemeriksaan status psikiatri pasien ini ga berubah dan moodnya tetap baik)…

P: Oo,, siap,mbak. kan biar saya sembuh ya, cepet pulang, cepet bikin pesawat lagi deh,hehehehe…

S: ok,pak, kalo gitu saya pareng,nggih Pak… assalaamu’alaykum…

P: monggo,mbak, walekumsalam…

———-
this post is dedicated to Mr.X,
pasien yg paling saya ingat karena nulis statusnya paling lengkap e.c. mau ujian… terimakasih ya, pak, sudah membantu saya belajar ilmu psikiatri ini… semoga Bpk dan pasien2 lainnya di manapun saat ini berada sudah lebih baik kesehatannya, amiin…

Leave a comment