Pengaruh Pemberian Ekstrak Nigella sativa Terhadap Produksi NO Makrofag Mencit Balb/c yang Diinfeksi Salmonella typhimurium


lagi-lagi,,,ini adalah re-post, kali ini asalnya dari box karya tulis ilmiah S1 saya, tapi hanya berupa abstrak, mohon dimaklumi. Bila ada keperluan tertentu untuk mendapat full textnya,bisa meninggalkan pesan/comment. Semoga bermanfaat..

Ariestya Indah Permata Sari1, Ratna Damma Purnawati2

 

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Makrofag yang teraktivasi pada infeksi mikroorganisme intraseluler dapat meningkatkan produksi nitric oxide (NO). Nigella sativa (jintan hitam) dilaporkan memiliki efek imunomodulator dalam meningkatkan produksi sitokin yang mempengaruhi aktivasi makrofag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak Nigella sativa terhadap produksi NO makrofag mencit Balb/c yang diinfeksi Salmonella typhimurium.

Metode: Penelitian eksperimental dengan post test only control group design ini menggunakan 36 mencit Balb/c sebagai sampel penelitian. Setelah diadaptasikan selama seminggu, mencit dibagi secara acak ke dalam enam kelompok: K(-) hanya diberi pakan standar dan pelarut PEG (polyethileneglycol); K(+)ST (Salmonella) diberi PEG dan diinokulasi Salmonella typhimurium; K(+)NS (Nigella sativa) diberi ekstrak Nigella sativa (dilarutkan dalam PEG) dosis 5,2 mg/hari; serta P1, P2, dan P3 diberi ekstrak Nigella sativa dosis 0,52 mg/hari, 5,2 mg/hari, dan 52 mg/hari selama 15 hari dan diinokulasi Salmonella typhimurium pada hari ke-11. Pada hari ke-16 semua mencit didekapitasi kemudian makrofag diisolasi dari cairan peritoneum. Produksi NO diperiksa dari hasil kultur makrofag dengan menggunakan ELISA reader. Data yang didapat diuji normalitasnya dengan Saphiro Wilk test kemudian dianalisa dengan uji Kruskal Wallis dan dilanjutkan dengan uji beda Mann Whitney.

Hasil: Produksi NO makrofag mencit kelompok kontrol K(+)NS dan kelompok perlakuan P2 merupakan yang paling tinggi di antara semua kelompok, sedangkan produksi NO paling rendah ditunjukkan oleh kelompok perlakuan P1 dan P3. Perbedaan bermakna terdapat pada produksi NO makrofag mencit antar semua kelompok kecuali antara kelompok perlakuan P1 dengan P3 (p=0,146).

Kesimpulan: Ekstrak Nigella sativa dosis 5,2 mg/hari dapat meningkatkan produksi NO makrofag mencit Balb/c yang diinfeksi Salmonella typhimurium.

 

Kata kunci: Ekstrak Nigella sativa, Nitric oxide (NO) makrofag, sistem imun seluler.

1 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang

2 Bagian Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang

Technorati Tags

2 thoughts on “Pengaruh Pemberian Ekstrak Nigella sativa Terhadap Produksi NO Makrofag Mencit Balb/c yang Diinfeksi Salmonella typhimurium

  1. assalamualaikum mbak. saya dini fk undip angkatan 2009. saya pengen liat full text nya utk diteliti lebih lanjut. kira2 bs menghubungi mbk kemana ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s